Minggu, 01 April 2012

Saung Sastra (?)

"Saung Sastra adalah tempat berbagi ilmu, mimpi, dan kebahagiaan." 
- Arif Nur Setiawan -


Saung Sastra merupakan salah satu program kerja dari Departemen Sosial Masyarakat BEM FIB UI 2012. Saung Sastra terbentuk pada awal tahun 2010, yaitu sebagai Saung Sastra I, dan dilanjutkan tahun 2011 sebagai Saung Sastra II. Di tahun 2012, Saung Sastra mempunyai rencana strategis untuk 5 tahun ke depan.


Tema Saung Sastra yaitu: "Satu pengabdian, berjuta manfaat dalam masyarakat".


Saung Sastra berbentuk hampir mirip dengan "rumah belajar". Sasaran dari Saung Sastra antara lain: (1) anak-anak jalanan; (2) anak-anak putus sekolah; dan (3) anak-anak yang orang tuanya termasuk ke dalam golongan tidak mampu atau ekonomi lemah. Untuk lokasi Saung Sastra di wilayah Depok, Jawa Barat.


Dalam Saung Sastra menitikberatkan pendidikan berkarakter dalam proses belajar-mengajarnya. Kurikulum Saung Sastra dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik merasa nyaman dan senang dalam belajar, baik akademik maupun non-akademik. Metode belajar yang digunakan yaitu belajar dengan melakukan. 


Dengan adanya Saung Sastra ini diharapkan peserta didik dapat menjadi pribadi yang kuat dan tangguh, serta memiliki jiwa kepemimpinan. 



Arif Nur Setiawan


Kepala Departemen Sosial Masyarakat BEM FIB UI 2012





0 komentar:

Posting Komentar